web 2.0

Kamis, 03 Desember 2009

More about GMAHK

Praktik Keagamaan


Di dalam Gereja Advent diajarkan bahwa dalam setiap lingkungan masyarakat di mana kami tinggal, anggota-anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, harus dikenal sebagai warga yang baik dalam integritas Kekristenannya dan dalam mengusahakan kesejahteraan semua orang. Gereja Advent berbakti pada hari Sabat yaitu hari Sabtu. Kami berkumpul dalam satu lingkaran keluarga ketika hari Jumat senja dan menyambut hari Sabat dengan doa dan nyanyian, dan menutup hari Sabat pada Sabtu senja dengan doa dan pernyataan syukur. Hari Sabat kami isi dengan berbakti di rumah atau di gereja, mengunjungi orang sakit, dan bacaan-bacaan sekular atau siaran televisi sekular tidak diperkenaankan pada hari tersebut.



Kami dilarang melakukan hal-hal yang dianggap merusak tubuh, seperti misalnya rajah (tato) dan melubangi daun telinga atau cuping hidung untuk dipasangi anting-anting. Semua ini didasarkan pada ucapan Rasul Paulus: "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, - dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?" (1 Korintus 6:19).



Makanan dan Kesehatan

Sejak dekade 1860-an ketika dimulai, kesehatan menjadi penekanan dari gereja Advent.Orang Advent dikenal oleh sebab "pesan kesehatan" kami yang menganjurkan vegetarianisme dan kepatuhan terhadap hukum halal-haram dalam Imamat 11. Pesan kesehatan ini adalah berpantang dari daging babi, kerang, dan makanan lain yang digolongkan sebagai "makanan haram". Gereja mencegah anggotanya dari penggunaan alkohol, tembakau atau obat-obatan terlarang. Selain itu, orang-orang Advent menghindari konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein. Perintis Gereja Advent mendorong dan menjadi pemrakarsa sarapan sereal, dan "konsep komersial modern makanan sereal " berasal dari kalangan orang Advent.



Penelitian yang didanai oleh US National Institutes of Health menunjukkan bahwa rata-rata umur Advent di California 4-10 tahun lebih lama daripada rata-rata penduduk California. Penelitian itu, seperti dikutip pada National Geographic edisi November 2005, menegaskan bahwa orang Advent hidup lebih lama karena kami tidak merokok, tidak minum alkohol, menerapkan gaya hidup yang sehat, dan mengkonsumsi makanan rendah lemak yang terdapat dalam kacang-kacangan dan polong-polongan.Kekompakan jaringan sosial orang Advent juga diduga sebagai salah satu faktor yang memperpanjang umur kami.Dan Buettner penulis dari National Geographic memaparkan tentang orang-orang Advent yang umur panjang dalam bukunya, The Blue Zones: Lessons for Living Longer From the People Who've Lived the Longest The Blue Zones: Lessons for Living. Ia menyatakan bahwa penekanan pada usaha kesehatan, pemilihan makanan, dan pemeliharaan Sabat sebagai faktor utama yang membuat orang Advent berumur panjang.



Menurut survei tahun 2002 di seluruh dunia oleh Gereja ini, diperkirakan sekitar 35% dari orang Advent mempraktikan vegetarianisme.



Sakramen

Ada dua sakramen dalam Gereja Advent, yaitu: Baptisan dan Perjamuan Tuhan. Sejak permulaan Gereja Advent, sebagaimana memperoleh warisan dari Protestan, menolak pandangan mengenai sakramen sebagai sebuah opus operatum, yaitu, sebuah tindakan yang didalamnya serta merupakan bagian anugerah yang mendatangkan keselamatan. Baptisan dengan diselamkan melambangkan kematian, penguburan, dan kebangkitan Kristus diakui Gereja Advent sebagai syarat masuk ke dalam keanggotaan gereja. Baptisan hanya dapat diberikan pada orang dewasa dan yang mengaku bertobat. Sakramen Perjamuan Tuhan bagi Gereja Advent adalah untuk memperingati kematian Tuhan. Sakramen ini didahului oleh upacara pembasukan kaki sebagai persiapan untuk upacara yang kudus ini.



Pernikahan

Gereja Advent tidak menganjurkan pernikahan antara seorang anggota Gereja Advent dengan seorang yang bukan anggota Gereja Advent, dan dengan keras meminta agar para pendeta gereja tidak melaksanakan upacara pernikahan bagi pasangan seperti itu."Gereja menyadari bahwa keputusan terakhir dalam memilih pasangan hidup seseorang adalah orang itu sendiri. Namun, gereja berharap agar, jika seseorang memilih pasangan hidupnya dan yang bukan anggota gereja Advent, pasangan itu harus menyadari dan menghargai bahwa pendeta Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yang telah berjanji untuk meninggikan prinsip yang telah digariskan di atas, tidak akan melaksanakan upacara pemberkatan tersebut. Jika ternyata seseorang telah menikah dengan yang tidak seiman, gereja harus menunjukkan .kasih dan perhatian dengan maksud untuk mendorong pasangan itu menuju persat√ľan yang lengkap dalam Kristus."



Evolusi

Gereja Advent mempercayai Tuhan menciptakan dunia dalam waktu 7 hari literal. Gereja ini aktif dalam mempromosikan Hikayat Ciptaan sebagai tantangan pada teori evolusi. Geoscience Research Institute di Universitas Loma Linda menerbitkan jurnal setengah-tahunan Origin yang mendukung ajaran 7 hari penciptaan dunia.



Struktur Organisasi

Dalam Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh ada empat tingkat dasar konstituante yang dimulai dari orang percaya secara perorangan hingga pada organisasi pekerjaan gereja sedunia:



a. Gereja setempat, suatu badan orang-orang percaya yang terorganisasi dan bersatu.

b. Konferens atau daerah setempat, suatu badan yang terdiri dari gereja-gereja yang terorganisasi di suatu negara bagian, propinsi atau wilayah.

c. Uni Konferens atau Uni Mission, suatu badan yang terdiri dari konferens-konferens atau daerah-daerah di dalam satu wilayah yang lebih besar.

d. General Conference (Pimpinan Pusat), unit organisasi terbesar, yang mencakup seluruh uni di seluruh dunia. Divisi adalah bagian dari General Conference yang memiliki tugas administratif yang ditugaskan di wilayah geografis tertentu. Pimpinan pusat Gereja Advent terdapat di Maryland, Amerika Serikat

Kantor Pusat Gereja Advent di Indonesia kawasan barat terletak di Gedung Pertemuan Advent, Jl. MT Haryono, Blok A, Kav 4-5, Jakarta Selatan 12810, dan Kantor Pusat Gereja Advent di Indonesia kawasan timur terletak di Kantor East Indonesia Union Conference, Jalan Martadinata No. 16, Dendengan Luar, Manado 95127



Jumlah Keanggotaan

1961: 1 juta

1970: 2 juta

1980: 3.5 juta

1990: hampir 7 juta

2000: sekitar 11 juta

2003: sekitar 12 juta

2004: sekitar 14 juta

2005: anggota jemaat yang dibaptis 12,894,005 , mendekati 25 juta anggota dan simpatisan yang berbakti setiap Sabtu di seluruh dunia.


Pelayanan Gereja Advent

Pekerjaan misi Gereja Advent saat ini mencapai lebih dari 200 negara.Jangkauan keluar Gereja Advent melayani orang-orang non-Kristen dan orang Kristen dari satuan lain. Gereja Advent percaya bahwa Kristus memanggil pengikutnya untuk satu tugas yang disampaikan ke seluruh dunia. Kekebasan beragama adalah posisi yang disokong dan dianjurkan oleh Gereja Advent.



Media Pelayanan

Gereja Advent adalah organisasi keagamaan terbesar dalam pelayanan televisi dan radio



The Hope Channel: saluran televisi resmi Gereja Advent.

Three Angels Broadcasting Network

The Voice Of Prophecy

The Quiet Hour

It Is Written

Amazing Facts

Breath Of Life

Omaha Cox Channel 23



Institusi Pendidikan

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar Sekolah Advent di Indonesia

Gereja ini mendorong anggota jemaat untuk bersekolah. Prosentase tamatan perguruan pada anggota Gereja Advent dua kali rata-rata prosentase warganegara Amerika Serikat.



Gereja Advent sangat peduli dengan masalah pendidikan. Gereja Advent mengoperasikan sistem kependidikan Protestan yang terbesar di dunia. Mereka memiliki 7.000 sekolah, akademi dan universitas; dengan jumlah total pendaftaran lebih dari 1.337.000 orang mahasiswa dan sekitar 69.000 orang guru.Program pendidikan Advent menyeluruh, meliputi "jiwa, fisik, sosial, dan kesehatan rohani" dengan mendorong "pertumbuhan intelektual dan pelayanan pada umat manusia".

 
Sumber: http://www.wikipedia.com/

0 komentar:

Posting Komentar